Sondag 24 Maart 2013

PERKEMBANGAN KOMPUTER MULAI DARI ENIAC SAMPAI PC/LAPTOP


Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu Computare (to Compute) yang berarti menghitung. Dari pengertian itu, dengan kata lain kalkulator merupakan sejarah awal dari berkembangnya komputer


Sedangkan menurut Blissmer (1985) mengenai definisi komputer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 

Perkembangan Komputer
Komputer pertama (Generasi I), bernama ENIAC (1942) yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Calculator. Komputer ini berukuran besar, sampai seruangan (500m2), lihat gambar dibawah ini :

Komputer ENIAC

Selanjutnya, perkembangan komputer berlanjut pada penemuan Komputer Generasi II yang Bernama UNIVAC LARC (1956) yang merupakan singkatan dari Universal Automatic Computer.

Setelah perkembangan komputer generasi II, para ilmuan mulai menemukan sati demi satu penyelesaian dari masalah yang sering timbul dari komputer generasi ke II, seperti IC : integrated circuit, (Komputer Generasi III) kemudian Large Scale Integration (LSI), Very Large Scale Integration (VLSI) di komputer generasi IV. Dan kemudain ditemukan lagi komputer-komputer generasi ke IV seperti :  IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang sudah menggunakan prosesor (Intel 8080). Ukuran komputer pada generasi ini juga sudah semakin kecil, lihat gambar di bawah :


Komputer Generasi 4

Dan pada komputer Generasi V ditandai dengan digantinya chip pada komputer processor-processor yang lebih baik. Komputer Generasi V yaitu Personal Computer (PC) adalah komputer-komputer yang sering kita jumpai saat pada ini, lihat gambar di bawah :



Dan sampailah Komputer Generasi V
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap inimasih sangat muda.Conto imajinatif  komputer  generasi  kelim adalah  komputer  fiks HAL9000  da novel karya Arthur C. Clarke berjudul2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah  komputer  generasi  kelima.  Denga kecerdasa buatan  (artificial intelligence) HAdapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakandengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.


Walaupu mungki realisasi  HAL900 masih  jau dari  kenyataan,  banyak fungsi-fungs yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapatmenerima instruksi secara lisan dan mampu meniru  nalar  manusia.  Kemampuan  untuk  menterjemahkan  bahasa  asin jug menjadi  mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan.   Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumitdari yang didugketik programmer  menyadari  bahwa  pengertia  manusia sanga bergantung  pada  konteks  dan pengertian ketimbang sekedarmenterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banya kemajua d bidan desai kompute da teknolog semkain memungkinka pembuatakomputer generasi kelima.   Dua kemajuan rekayasayang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel yan akan menggantika mode no Neumann Mode no Neuman aka digantikandenga siste yang  mampu  mengkoordinasikan  banyak  CPU  untuk  bekerja secara  serempak. Kemajuan  lai adalah  teknolog superkonduktor  yang memungkinkan  aliran  elektri tanp ada hambatan apapun, yang nantinyadapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyekkomputer generasi kelima. Lembaga  ICO (Institut fo new Computer Technology juga dibentuk untu merealisasikannyaBanyak kabar yangmenyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwakeberhasila proyek  komputer  generasi  kelim ini  aka membawa  perubahan baru  paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking